close
Banner iklan disini

Wednesday 21 September 2016

Ban, Michelin akan manjakan rider Spanyol di kandang


motogpbrave.blogspot.com - “Temperatur bakal memainkan peranan penting, jadi ban harus mampu beradaptasi dengan segala kondisi.” Ya, itulah sepenggal komentar dari perwakilan produsen ban resmi MotoGP 2016, Michelin, jelang lomba Seri 14, GP Aragon di Spanyol, Minggu (25/9). Dari pernyataan itu ada maksud bahwa Michelin mau produk ban mereka tahan atas cuaca panas ekstrem yang bakal menaungi setiap sesi akhir pekan ini.

Akan tetapi, setelah melihat situasi persaingan di klasemen sementara pembalap. Media massa Italia malah mengindikasikan bahwa produsen ban asal Prancis tersebut ingin bermain aman di Sirkuit MotorLand Aragon. Pasalnya, Michelin tidak akan membawa produk baru ke event ini. Nah, banyak penggemar MotoGP khususnya fans dari Valentino Rossi menyebut bahwa ini salah satu gelagat dari mempermulus para pembalap tuan rumah untuk meraih kemenangan di balapan kandang mereka, sekaligus memperkecil kans The Doctor naik podium juara, plus memangkas selisih poin dari Marc Marquez di klasemen sementara.

Meski begitu, banyak pula fans MotoGP yang mengatakan bahwa justru Michelin ingin membuat ramai persaingan di lomba Aragon, seturut para pembalap sudah mendapatkan ban depan baru di GP San Marino dua pekan silam. Dengan begitu, GP Aragon merupakan lomba cepat-cepatan adaptasi terhadap ban.

Dan Michelin sudah mempersiapkan tiga opsi ban depan slick di GP Aragon, yakni kompon soft, medium dan hard. Kemudian untuk ban belakang hanya ada dua pilihan, yaitu medium dan hard. Adapun seluruh ban slick ini bertipe asimetris, di mana bagian kanannya berkompon lebih keras ketimbang sebelah kiri untuk menyesuaikan diri dengan karakteristik lintasan.

Nah itu baru untuk ban slick, sedang kalau nantinya hujan turun di Aragon. Maka Michelin telah mempersiapkan dua pilihan kompon ban, yakni soft dan medium, baik untuk ban depan maupun ban belakang, selain tersedia pula tipe intermediate.

Dalam rilisnya, manajer Michelin Piero Taramasso menjelaskan situasi yang akan mereka hadapi di GP Aragon.

“Ini merupakan pertama kalinya Michelin melakoni balapan di Aragon, jadi ini benar-benar tantangan baru buat kami. Tahun lalu kami telah mengadakan tes bersama para pembalap MotoGP, jadi kami setidaknya memiliki pengetahuan dasar dari apa yang bakal kami hadapi, walau bannya sendiri telah mengalami perubahan sejak itu, seakan memulai dari pertama lagi.”

“Aragon bisa menjadi sebuah tempat yang tidak bisa diprediksi, di mana kondisinya bisa panas atau dingin. Lintasannya memiliki tikungan berkarakter sangat cepat dan trek lurus yang panjang, plus beberapa zona pengereman keras. Jadi kami membutuhkan beberapa pilihan ban yang dapat menghadapi situasi itu semua.”

“Kami dapat berharap cuaca lebih dingin pada pagi hari, jadi kami butuh ban yang segera panas dengan cepat dalam kondisi tersebut, namun juga bekerja baik sebagaimana temperaturnya makin meningkat hingga siang hari.”

Nah bagaimana tanggapan kamu fans MotoGP di Indonesia? Apakah Michelin benar-benar memilih ban yang cocok dengan karakter lintasan Aragon? Akankah pemilihan ban ini membuat jalannya lomba Seri 14 nanti makin ketat?

Source from SinDoNews

Komentar
0 Komentar

0 komentar :

Post a Comment